Dinsos Provinsi Sumatera Barat Salurkan Bantuan ke Batu Busuak dan Bantu Evakuasi Aset SMA 1 Batang Anai


24 Januari 2023 12:12:35 WIB

Dinsos Sumbar Salurkan Bantuan ke Batu Busuak dan Bantu Evakuasi Aset SMA 1 Batang Anai

DINSOS SUMBAR – Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat (Dinsos Sumbar) bergerak cepat dalam upaya penanggulangan bencana banjir yang melanda kawasan Batu Busuak, Kota Padang. Sejak Senin (23/01/2022) malam, Dinsos Sumbar dipimpin oleh Kepala Dinas, Arry Yuswandi, S.KM, M.KM, telah berada di lokasi untuk menyalurkan bantuan logistik bagi warga yang terdampak.

“Curah hujan yang tinggi hampir di seluruh Sumbar menyebabkan terjadinya bencana di berbagai wilayah. Salah satunya di Batu Busuak ini, di mana banjir melanda permukiman warga. Kita langsung bergerak sejak Senin malam hingga Selasa dini hari," ucap Arry Yuswandi.

Selain itu, sambung Arry Yuswandi, tim dari Dinsos Sumbar juga bergerak ke SMA 1 Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman untuk membantu proses evakuasi aset-aset sekolah tersebut. Sebab, berdasarkan informasi dari Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Drs. Barlius, MM, ketinggian air di sekolah tersebut cukup mengkhawatirkan, sehingga perlu langkah cepat untuk mengamankan aset-aset yang ada.

"Dinsos dan Tagana bergerak ke lokasi dengan membawa perahu karet untuk menyelamatkan aset-aset serupa peralatan elektronik dan lain sebagainya," katanya lagi.

Sesuai arahan Gubernur Sumbar, sambungnya, proses penanggulangan bencana harus dilakukan secepat mungkin, terlebih dalam hal penampungan pengungsi dan penyaluran bantuan. Oleh karena itu, selain bahu membahu bersama tim dari instansi lain di lapangan seperti BPBD, Dinsos Sumbar juga turun serta bersama Tagana.

“Ke Batu Busuk ini respons pertama kita adalah membawa bantuan logistik untuk warga, di mana sekitar 52 KK saat ini berada di pengungsian. Selain itu, kita masih berkoordinasi untuk tambahan bantuannya. Termasuk juga berkomunikasi dengan Kabupaten/Kota, terkait kondisi dan kebutuhan logistik yang diperlukan. Nanti kita akan salurkan lagi,” ucapnya lagi.

Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos), Andri Yunidal, SE, MM, didampingi Ketua Tim Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Muslimin, SH, menyebutkan, untuk ke kawasan Batu Busuk, Dinsos Sumbar telah melakukan penyaluran bantuan permakanan yang terdiri dari mie instan, air mineral, kopi, gula, teh, dan susu kental manis.

“Selanjutnya, kita terus berkomunikasi dengan aparatur setempat terkait kebutuhan logistik yang diperlukan, baik itu kebutuhan sandang maupun pangan atau permakanan. Selain itu, Dinsos Sumbar bersama Tagana juga terus bersiap siaga sembari menunggu laporan dari pihak-pihak lain, termasuk dari rekan-rekan kita di kabupaten/kota,” ucap Andri Yunidal. (dinsossumbar/isq)


Berita Terkait
  • Tidak Ada Berita Terkait