Rangkaian Studi Tiru ke Jabar Tuntas, Pendampingan SDM PKH Sumbar Diharapkan Makin Berkualitas


07 Agustus 2023 09:33:20 WIB

Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, BANDUNG -- Rombongan SDM Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kabupaten Solok dan Kota Solok mengikuti agenda studi tiru pelaksanaan PKH di Kab. Bandung, Jawa Barat, Selasa hingga Jumat (1-4/08/2023). Diharapkan, melalui kunjungan ini, SDM PKH dapat meningkatkan kualitas pengelolaan PKH di daerah tugas masing-masing.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat (Dinsos Sumbar, Arry Yuswandi, S.KM, M.KM menyebutkan, pemerintah terus berusaha menekan angka kemiskinan lewat berbagai program, termasuk PKH. Oleh karena itu, SDM PKH berperan sangat strategis lewat pendampingan terhadap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan PKH.

"Kita bersyukur, lewat komunikasi yang intensif antara Pemprov Sumbar melalui Dinas Sosial, bersama DPRD Sumbar melalui Pokok Pikiran (Pokir) Anggota DPRD Sumbar Desrio Putra, kunjungan ini dapat terealisasi. Terlebih kita berkunjung ke Kabupaten Bandung, yang merupakan salah satu daerah pilot project PKH saat pertama kali diluncurkan pada tahun 2007 lalu," ucap Kadinsos.

Di sisi lain, Kepala Dinsos Kab. Bandung, Indra Respati menyebutkan, penurunan angka kemiskinan menjadi salah satu prioritas bagi Pemerintah Kabupaten Bandung. Terlebih, target-target berat harus segera terpenuhi di tengah kondisi pascapandemi Covid-19 beberapa waktu lalu.

"Kemiskinan sebagai musuh bersama tentu harus kita hadapi bersama-sama, dan peran pendamping PKH di Kabupaten Bandung sangat komitmen dalam hal ini. Semoga lewat kunjungan ini, kita dapat bertukar informasi terkait pelaksanaan program di daerah masing-masing," ucapnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Sumbar, Desrio Putra dalam kesempatan yang sama berharap agar pelaksanaan studi tur SDM PKH ini dapat meningkatkan kualitas pengelolaan PKH di Sumbar. "Terutama sekali terkait pelayanan dan pendampingan SDM PKH terhadap KPM, agar penurunan angka kemiskinan di Sumbar dapat berjalan lebih cepat," katanya.

Ada pun terkait teknis pelaksanaan kegiatan sendiri, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinsos Sumbar, Andri Yunidal, SE, MM merincikan, pelaksanaan kegiatan ini merupakan kali ketiga yang dilaksanakan pada tahun 2023.

"Kunjungan pertama diikuti 54 peserta termasuk Koordinator Kabupaten/Kota PKH dan Aplikator Pangkalan Data (APD) se-Sumbar dengan tujuan Kota Bandung, kunjungan kedua diikuti 94 peserta termasuk SDM PKH Kota Padang dengan tujuan Kab. Ciamis, dan kali ini kunjungan ketiga dengan jumlah peserta 77 orang," ucap Kabid Linjamsos, Andri Yunidal.

Dalam kesempatan kunjungan studi tiru kali ketiga ini, turut hadir Kadis Sosial Kota Solok, Zulfadli, SH, MP; Kabid Pemberdayaan Sosial (Dayasos) Dinsos Sumbar, Zulfiar, M,Pd; Kabid Penanganan Fakir Miskin (PFM) Dinsos Sumbar, Yusrizal Chan, M.Kom, serta sejumlah staf Dinsos Sumbar yang bertindak selaku panitia dalam rangkaian agenda studi tiru tersebut.


Berita Terkait
  • Tidak Ada Berita Terkait