Maksimalkan Pemulihan Trauma, Dinsos Sumbar Gelar LDP bagi Korban Bencana Sosial di Kab. Pasaman


17 Maret 2023 09:29:35 WIB

PASAMAN, DINSOS SUMBAR--
Mengangkat tema "Tingkatkan Iman dan Taqwa agar Jauh dari Bencana", Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat (Dinsos Sumbar) menggelar kegiatan Layanan Dukungan Psikososial Kebencanaan Sosial (LDP BS) bagi warga korban bencana sosial di Lubuk Sikaping, Kab. Pasaman.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini, Sekretaris Dinsos Sumbar, Drs. Suyanto; Koordinator Tagana Sumbar, Yudi Aningskar Widayanto, S. Pd; dan Anggota Tagana Jeli Hendri. Kegiatan ini diikuti oleh 45 warga masyarakat korban bencana sosial di Kab. Pasaman.

Kepala Dinsos Sumbar, Arry Yuswandi, S.Km, M.Km, melalui Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos), Andri Yunidal, SE, MM menyebutkan, kegiatan ini digelar dengan tujuan memaksimalkan pemulihan para korban bencana sosial di Kab. Pasaman, sehingga dapat melanjutkan kehidupan dengan lebih baik ke depannya.

"Tujuan utama kegiatan LDP ini tentu saja untuk memaksimalkan pemulihan dan kondisi traumatik yang sempat dialami warga korban bencana sosial. Selain itu, para peserta kita harapkan juga menularkan semangat bangkit pascabencana kepada keluarga dan lingkungannya," ucap Andri Yunidal, didampingi Ketua Tim BS, Andra Rizki S, Sos; Ketua Tim BA, Muslimin, SH; dan Ketua Tim JSK Nanan Suryana, S.Sos.

Sementara itu, Drs. Suyanto selaku pemateri, dalam paparannya menyinggung pentingnya warga mengetahui status masing-masing pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), sehingga dapat mengakses bantuan-bantuan yang disediakan pemerintah bagi warga yang memenuhi syarat. Terlebih warga yang berstatus penyintas korban bencana.

Selain itu, Koord. Tagana Sumbar Yuni AW bersama Anggota Tagana Jeli Hendri, berkolaborasi memberikan materi penguatan mental dan semangat kepada para peserta. Kegiatan yang berlangsung di Aula Hotel Arumas Lubuk Sikaping ini pun ditutup oleh Kabid Linjamsos, yang turut mereview materi yang dipaparkan narasumber.

Turut hadir dan mendukung pelaksanaan kegiatan ini, Sekretaris Dinsos Kab. Pasaman, Ishak, M.Pd; Kabid Linjamsos Kab. Pasaman, Fitri Handayani; Staf Dinsos Sumbar dan Dinsos Kab. Pasaman; serta Anggota Tagana Prov. Sumbar, dan Tagana Kab. Pasaman. (bs/ljs)


Berita Terkait
  • Tidak Ada Berita Terkait