Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat Bapak Arry Yuswandi, S. KM., M. KM menjadi Narasumber


15 Maret 2023 11:35:16 WIB

Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas Sosial Bapak Arry Yuswandi, S. KM., M. KM didampingi Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin menjadi Narasumber pada acara Rapat Koordinasi Teknis Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Kabupaten Solok Selatan tahun 2023 di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati Solok Selatan.

Acara ini digagas oleh Bappeda Kabupaten Solok Selatan yang digawangi oleh Bapak Taufik Effendi, sebelum acara dimulai Bapak Arry biasa disapa melakukan pertemuan dengan Bupati Solok Selatan Bapak H. Khairunas, beliau berharap juga ada bantuan Pemerintah Provinsi untuk mempercepat pengentasan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Solok Selatan dan juga berharap Solok Selatan menjadi yang pertama menyelesaikan pengentasan kemiskinan ekstrem ini menjadi 0% sebelum tahun 2024, sesuai dengan amanat Inpres Nomor 4 Tahun 2022.

Setelah bertemu dengan Bupati Pak arry juga berkesempatan diskusi dengan Wakil Bupati Solok Selatan Bapak H. Yulian Efi, juga menyangkut masalah percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, yang harus bersumber kepada data By Name By Addres sehingga masyarakat yang akan disasar benar-benar masyarakat miskin ekstrem.

Kegiatan Rakortek ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Solok Selatan Bapak H. Yulian Efi, beliau berharap kepada semua pihak ikut andil dalam pengentasan kemiskinan ini, karena pemerintah saja tidak mungkin akan bisa menyelesaikan pengentasan kemiskinan ini secara cepat maka diperlukan andil dari semua pihak untuk ikut berkolaborasi bersama-sama. Beliau juga berharap agar semua penduduk yang masuk kategori miskin ekstrem yang bersumber dari data P3KE Desil1 yang belum masuk DTKS harus diusulkan untuk masuk DTKS dan diharapkan untuk dapat banruan PKH.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Solok Selatan, Para Camat, Wali Nagari, BPS, pendamping PKH, Pendamping Desa dan undangan lainnya.

Berikutnya yang menjadi narasumber adalah Bapak Arry Yuswandi, S. KM., M. KM, beliau banyak bicara tentang Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial dan Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, pada kesempatan ini pak Arry juga menyampaikan penyandingan antara data DTKS dengan Data P3KE, sehingga didapatkan data By Name By Addres dari data P3KE yang belum masuk kedalam DTKS, untuk Kabupaten Solok Selatan Jumlah Individu yang masuk DTKS berjumlah 76.936 Jiwa dan jumlah keluarga sebanyak 26.731 keluarga, dan Jumlah keluarga sebanyak 26.731 Keluarga. Sedangkan dari data P3KE desil1 jumlah individu adalah 17.060 jiwa dan keluarga sebanyak 3.468 keluarga, dari 17.060 jiwa dari desil1 yang belum masuk DTKS sebanyak 7.097 jiwa dan untuk keluarga dari 3.468 keluarga dari desil1 yang belum masuk DTKS sebanyak 1.381 keluarga.

Acara ditutup oleh Wakil Bupati Solok Selatan, setelah Ishoma, dan dulanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan OPD, Camat, Wali Nagari, Pendamping Desa dan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat.

 


Berita Terkait
  • Tidak Ada Berita Terkait