Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat memberikan Pembekalan Kepada CPNS


10 Maret 2023 09:33:04 WIB

Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, Selasa 07 Maret 2023, CPNS dilingkungan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat diberikan pembekalan, yang bertujuan untuk mengenalkan tugas fungsi dari seluruh unit kerja yang di Dinas Sosial, pelaksanaan pembekalan ini dilakukan secara bergiliran, acara hari ini dilaksanakan di Panti Sosial Bina Remaja Padang Panjang (PSBR) dan ini merupakan pelaksanaan yang ke 3 kalinya, sebelumnya telah dilaksanakan di Panti Sosial Asuhan Anak Tri Murni Padang Panjang, kemudian di Panti Sosial Karya Wanita Andam Dewi Solok, kegiatan ini langsung dikomandoi oleh kepala Dinas Sosial Bapak Arry Yuswandi, S. KM., M. KM.

Materi pembekalan juga bergiliran, pertama kali materi dari Pejabat Perencanaan oleh Bapak Yose, pembekalan kedua materinya dari Kadis Sosial Bapak Arry dengan materi Tupoksi dan sekarang di PSBR yang menyampaikan materinya adalah Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Bapak Ir. Yusrizal Chan, M. Kom, yang memberikan materi tentang tupoksi Bidang PFM dan apa itu data DTKS dan data kemiskinan yang bersumber dari data P3KE. Ini perlu disampaikan karena masyarakat mempunyai asumsi bahwa DTKS adalah data kemiskinan untuk itu perlu disamakan pemahaman kepada CPNS. Data DTKS terdiri dari 3 komponen data yaitu Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial, Penerima Bantuan dan Pemberdayaan Sosial dan Potensi dan sumber kesejahteraan sosial, sedangkan data kemiskinan sumbernya dari data P3KE yang dikeluarkan dari Kemenko PMK-RI yang dikelompokan menjadi desil.

Pada kesempatan ini pembekalan juga didampingi oleh Kepala UPTD PSBR Bapak Drs. Kamisar Kamus dan jajaran, Pembekalan ini penting dilakukan supaya CPNS yang memahami tupoksi dari masing-masing unit kerja yang ada dilingkungan Dinas Sosial, disisi lain juga mereka paham dengan Kelayan dari masing-masing UPTD karena memiliki SOP pelayanan yang berbeda-beda.

CPNS yang ada di Dinas Sosial berjumlah 21 orang yang tersebar ke seluruh UPTD dan DInas, dengan adanya pembekalan ini diharapkan CPNS memahami Tupoksi dari setiap unit kerja sekaligus sebagai ajang perkenalan dengan sesama CPNS dan seluruh ASN dari tempat pelaksanaan pembekalan ini.

Pada Kesempatan kali ini juga dihadiri oleh Classy FM dalam rangka penyampaian informasi tentang keberadaan Dinas Sosial dan UPTD-UPTD nya, disamping itu Classy FM juga diminta menjadi narasumber untuk Publik Speaking karena ini penting, karena berkaitan erat dengan tupoksi Dinas Sosial sebagai pelayanan dasar tentu perlu memperbaiki cara berkomunikasi dengan lapisan masyarakat dari berbagai kalangan.

Penyelenggaraan pembekalan ini dilaksanakan satu kali dalam setiap Bulan, sampai semua UPTD terkunjungi, dengan narasumber dan materi yang berbeda dari Dinas ataupun UPTD.  

 


Berita Terkait
  • Tidak Ada Berita Terkait