Dinsos Provinsi Sumatera Barat Tuntaskan Pemulangan Tiga Warga Asal Mentawai yang Terlantar di Pekanbaru


13 Februari 2023 08:28:16 WIB

DINSOS PROVINSI SUMATERA BARAT -- Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat (Dinsos Sumbar) telah menuntaskan proses lanjutan pemulangan tiga warga Kabupaten Kepulauan Mentawai yang sebelumnya terlantar di Kota Pekanbaru. Ketiga warga berstatus Orang Terlantar (OT) tersebut saat ini telah kembali bersama keluarga setelah dipulangkan pada Jumat 10 Februari 2023 lalu.

Kepala Dinsos Sumbar, Arry Yuswandi, S.KM, M.KM menyebutkan, Dinsos Sumbar melalui Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) langsung memproses lanjutan pemulangan tiga OT tersebut setelah ketiganya diantar pihak Dinsos Kota Pekanbaru pada Rabu 8 Februari 2023 ke Kantor Dinsos Sumbar.

“Sebelumnya, ketiga OT ini terlantar di Pekanbaru. Oleh karena ini antar provinsi, maka proses lanjutan pemulangannya menjadi tanggung jawab Dinsos Sumbar,” ucap Arry Yuswandi.

Sementara itu, Kepala Bidang Linjamsos Dinsos Sumbar, Andri Yunidal, SE, MM merincikan, ketiga OT yang dilanjutkan proses pemulangannya itu terdiri dari satu perempuan berusia 19 tahun, yang berangkat ke Pekanbaru bersama adik perempuannya yang berusia 9 tahun, serta bayi laki-lakinya yang masih berusia 8 bulan.

“Perempuan yang berstatus ibu ini dijanjikan pekerjaan di Pekanbaru, tetapi sesampai di Pekanbaru kontak yang menghubunginya tidak bisa lagi dihubungi, sehingga yang bersangkutan menjadi terlantar di Pekanbaru, sehingga diproses oleh Dinas Sosial setempat,” ucap Andri Yunidal.

Andri menerangkan, setelah ditumpangkan menginap selama satu malam di Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) Pelita Jiwa Insani, ketiganya kemudian diberangkatkan ke Mentawai menggunakan kapal cepat Mentawai Fast. “Ketiganya disambut pihak Dinsos Kab. Mentawai dan Tagana kita di Mentawai, dan kemudian langsung diantar ke keluarganya,” ucap Andri menutup.


Berita Terkait
  • Tidak Ada Berita Terkait